Perawatan Kanker Payudara Rumah Sakit Pemalang

Perawatan Kanker Payudara Rumah Sakit Pemalang

Jika Anda menunjukkan tanda-tanda dan gejala kanker payudara, hubungi rumah sakit Pemalang untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan secepatnya. Diagnosis dan perawatan dini dapat meningkatkan kemungkinan seseorang untuk sembuh dari kondisi ini. Adapun beberapa gejala yang patut diwaspadai di antaranya adalah benjolan di payudara atau penebalan yang terasa berbeda dibandingkan dengan jaringan di sekitarnya, perubahan ukuran dan bentuk serta tampilan payudara, perubahan kulit payudara, kulit yang mengelupas dan kering, dan kemerahan pada kulit payudara atau kulit tampak seperti jeruk. 

Perawatan kanker payudara rumah sakit Pemalang akan tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis dan tahapan kanker, sensitivitas seseorang terhadap hormon tersebut, dan usia, kesehatan umum, dan preferensi individu. Pilihan perawatan utama di antaranya adalah terapi radiasi, operasi, terapi biologi atau terapi obat tertarget, terapi hormon, dan chemotherapy. Faktor-faktor yang memengaruhi jenis perawatan seseorang di antaranya adalah tahapan kanker, kondisi medis lain, dan preferensi individu. 

  • Operasi. Jika operasi diperlukan, jenis operasi akan tergantung pada diagnosis dan preferensi individu. Lumpectomy merupakan salah satu jenis operasi kanker rumah sakit Pemalang. Prosedur ini melibatkan pengangkatan tumor dan sedikit jaringan sehat di sekitarnya. Lumpectomy dapat membantu mencegah penyebaran kanker, dan dapat menjadi sebuah pilihan untuk tumor yang kecil dan mudah dipisahkan dari jaringan di sekitarnya. 

Mastectomy adalah jenis perawatan kanker lain. Mastectomy sederhana melibatkan pengambilan lobules, jaringan berlemak, puting, aerola, dan beberapa kulit. Dalam beberapa jenis kanker, dokter bedah juga akan mengangkat kelenjar getah bening dan otot di dinding dada. 

  • Terapi radiasi. Seseorang bisa mendapatkan terapi radiasi sekitar satu bulan setelah operasi. Radiasi melibatkan menarget tumor dengan dosis radiasi yang terkontrol untuk membunuh sel kanker yang tersisa. 
  • Chemotherapy. Seorang dokter dapat meresepkan obat cytotoxic chemotherapy untuk membunuh sel kanker apabila ada risiko tinggi penyebaran atau kanker kambuh kembali. Ketika seseorang memiliki chemotherapy setelah operasi, dokter akan menyebut hal ini sebagai adjuvant chemotherapy. Terkadang dokter dapat memilih untuk memberikan chemotherapy sebelum operasi untuk memperkecil tumor dan membuatnya lebih mudah untuk diangkat. Dokter menyebut kondisi ini sebagai neoadjuvant chemotherapy. 
  • Hormon blocking therapy. Dokter menggunakan hormon blocking therapy untuk mencegah kanker payudara yang sensitif terhadap hormon agar tidak datang lagi setelah perawatan dilakukan. Terapi hormon dapat digunakan untuk merawat kanker ER-positive dan PR-positive. Mereka biasanya menggunakan terapi penghambat hormon setelah operasi namun terkadang digunakan sebelum terapi untuk memperkecil tumor. Terapi penghambat hormon dapat menjadi satu-satunya pilihan untuk orang-orang yang tidak cocok mendapatkan operasi, chemotherapy, atau radiotherapy.Dokter dapat merekomendasikan seseorang mendapatkan terapi hormon selama 5 hingga 10 tahun setelah operasi. Namun, perawatan ini tidak akan memengaruhi kanker yang tidak sensitif terhadap hormon. Contoh obat terapi penghambat hormon di antaranya adalah tamoxifen, ovarian ablation, aromatase inhibitor, dan Goserelin. Penting untuk diketahui bahwa terapi hormon dapat memengaruhi kesuburan. 
  • Terapi biologi. Obat tertarget dapat mengancurkan jenis kanker payudara spesifik, seperti trastuzumab, bevacizumab, dan lapatinib. Perawatan kanker payudara dan kanker jenis lainnya dapat memiliki efek samping negatif. Pada saat memutuskan perawatan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter seputar potensi risiko dan cara apa saja yang dapat dilakukan untuk meminimalisir efek samping. 

Pemeriksaan rutin di rumah sakit Pemalang dapat membantu deteksi gejala kanker sejak dini. Perawatan dini akan memperbesar kemungkinan Anda untuk pulih sepenuhnya dari kanker tanpa ada komplikasi berbahaya di kemudian hari. Hubungi rumah sakit Pemalang apabila Anda melihat adanya tanda-tanda kanker secepatnya. 

Leave a Reply