Hindari Makanan Ibu Menyusui agar Bayi Cepat Gemuk Ini

Hindari Makanan Ibu Menyusui agar Bayi Cepat Gemuk Ini

Hindari Makanan Ibu Menyusui agar Bayi Cepat Gemuk Ini

ASI merupakan makanan dan sumber nutrisi utama bagi bayi sejak lahir hingga berusia 6 bulan. Mengonsumsi makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk menjadi salah satu solusi untuk membantu tumbuh-kembang bayi. 

Apa yang terkandung di dalam ASI sangat dipengaruhi oleh tubuh Anda, termasuk dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Umumnya, Anda bisa memakan apa saja, namun tentunya tetap ada beberapa yang perlu Anda hindari dan batasi untuk dikonsumsi saat menyusui.

Hindari makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk

Makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk memang bisa dari apa saja, namun tidak bisa sembarangan. Sebaiknya Anda menghindari beberapa makanan dan minuman berikut ini:

1. Ikan tinggi merkuri

Tidak semua ikan sehat untuk dikonsumsi, sebab ada beberapa jenis ikan yang ternyata mengandung merkuri yang cukup tinggi. Merkuri adalah jenis logam yang sangat beracun bagi bayi dan anak-anak, serta bisa menyebabkan kerusakan maupun keterlambatan pertumbuhannya. 

Beberapa jenis ikan yang tinggi merkuri antara lain: ikan king makarel, ikan tuna mata besar, ikan swordfish, ikan hiu, dan ikan marlin. Hindari ikan-ikan tersebut dan ganti dengan jenis ikan lainnya yang mengandung merkuri rendah atau tidak ada sama sekali. 

2. Suplemen herbal

Suplemen atau teh herbal memang dinilai cukup sehat, namun bagi ibu menyusui ternyata tidak begitu dianjurkan. Hal ini disebabkan ada potensi suplemen ini bisa terkontaminasi dengan logam berat yang dapat membahayakan kesehatan.

Oleh karena itu, apabila Anda ingin mengonsumsi suplemen herbal untuk meningkatkan produksi ASI Anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mempertimbangan manfaat dan kerugiannya. 

3. Alkohol

Ibu menyusui sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi alkohol dalam bentuk apapun, walau memang mengonsumsinya sesekali dalam jumlah kecil dan di waktu tertentu masih diperbolehkan.

Sebab, alkohol dapat terserap ke dalam ASI dan berisiko dikonsumsi oleh bayi. Tentunya hal ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan bayi bila terdapat jumlah yang cukup banyak. 

4. Kafein

Kafein yang berasal dari soda, teh, kopi, dan cokelat bisa terserap ke dalam ASI. Hal ini bisa berisiko pada bayi, karena mereka sulit mencerna dan membuang kafein dari dalam tubuhnya dan dapat terakumulasi.

Sehingga hal tersebut mengakibatkan bayi mudah marah dan sulit tidur. Batasi konsumsi 300 mg kafein atau 2-3 cangkir kopi tiap harinya, atau hindari sama sekali.

5. Makanan olahan

Sangat penting bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi makanan sehat yang seimbang, oleh karena itu hindari makanan olahan. Makanan olahan cenderung tinggi kalori, lemak tidak sehat, tambahan gula, rendah serat, vitamin, dan mineral. 

Secara tidak langsung, pola makan Anda bisa berdampak pada pertumbuhan dan bahkan pola makan sang anak nantinya. Karena mereka lebih terbiasa dengan makanan-makanan tersebut ketimbang makanan sehat. 

6. Makanan pedas dan berbau tajam

Sebenarnya makanan yang pedas dan berbau tajam tidak dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, namun ada beberapa bayi yang menolak susu setelah ibunya mengonsumsi makanan tersebut. Sebab rasa dan baunya bisa mempengaruhi ASI.

Jika memang keduanya menjadi penyebab bayi sulit menyusui, tentunya Anda perlu mengurangi dan menghindarinya. Namun jika Anda memang biasa makan selama menyusui, secara umum bayi akan terbiasa dengan rasanya dan juga dapat ikut menikmatinya. 

Risiko bayi alergi

Tiap bayi memang berbeda, salah satunya adalah memiliki risiko alergi. Apabila setelah makan sesuatu dan bayi Anda menunjukkan gejala alergi atau ketidaknyamanan lainnya, segera hentikan konsumsi dan periksakan ke dokter. 

Dokter akan membantu Anda mengidentifikasi alergi pada bayi dan makanan yang jadi penyebabnya. Beberapa makanan yang dapat menjadi alergen seperti produk susu, kedelai, gluten, telur, kacang-kacangan, buah sitrus, dan jenis ikan tertentu. 

Anda bisa memilih makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk lainnya yang lebih sehat dan meningkatkan produksi ASI, contohnya seperti sayuran berdaun hijau, makanan tinggi protein, dan beberapa jenis rempah serta biji-bijian.

Leave a Reply