Layanan Unggulan di RS Islam Siti Aisyah Madiun

Layanan Unggulan di RS Islam Siti Aisyah Madiun

RS Islam Siti Aisyah Madiun sudah berdiri sejak tahun 1987, di bawah naungan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun memiliki Visi menjadi Rumah Sakit yang memberikan pelayanan berfokus pada pasien, Islami serta menggunakan mutu dan keselamatan pasien. 

Sedangkan Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun memiliki Misi memberikan pelayanan kesehatan berfokus pada pasien dengan mengutamakan mutu dan keselamatan pasien, mengembangkan SDM, bermutu dan mempunyai komitmen yang tinggi, mengembangkan dakwah dengan pelayanan yang islami, menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan harmonis. Oleh karena itu, Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun terus berupaya mengembangkan layanan unggulan seperti beberapa yang mereka miliki berikut ini.

1. IGD 24 jam

IGD rumah sakit bertugas untuk memberikan pertolongan yang cepat dan tepat untuk pasien yang dalam kondisi darurat. Instalasi Emergensi/Instalasi Gawat Darurat (IGD) menyediakan penanganan awal bagi pasien yang menderita sakit dan cedera, yang dapat mengancam kelangsungan hidupnya. Instalasi Gawat Darurat berfungsi memberikan pelayanan medis yang darurat dan darurat selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Pasien dengan penyakit akut yang masuk ke IGD dapat dikategorikan menjadi kasus gawat dan darurat, gawat tapi tidak darurat, darurat tapi tidak gawat, tidak gawat dan tidak darurat. Gawat adalah keadaan yang berkenaan dengan suatu penyakit atau kondisi lainnya yang mengancam jiwa, sedangkan darurat adalah keadaan yang terjadi tiba-tiba dan tidak diperkirakan sebelumnya, suatu kecelakaan, kebutuhan yang segera atau mendesak.

2. Poli Umum

Poli umum merupakan salah satu dari jenis layanan di Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun yang berupa pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan penyuluhan kepada pasien atau masyarakat agar tidak terjadi penularan dan komplikasi penyakit, serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam bidang kesehatan.

3. Poli Gigi

Poli gigi Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun merupakan salah satu unit pelayanan yang khusus memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Mereka melayani perawatan gigi dan mulut mulai dari tindakan pencegahan, pemeriksaan gigi dan mulut melalui medical check-up.

Poli gigi Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun juga menawarkan perawatan konservasi berupa penambalan gigi, veneers, crown dan bridge, serta perawatan saluran akar gigi. Perawatan periodontal berupa implan, perawatan gigi goyah, bleaching, gingivektomi, dan flap. Tindakan bedah mulut berupa pencabutan gigi sampai operasi odontektomi.

4. Poli KIA (Melayani KB dan Imunisasi)

Poli KIA membantu memaksimalkan kesehatan ibu dan anak yang menyangkut pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui, bayi dan anak balita serta anak prasekolah. Poli KIA. Poli KIA di Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun terintegrasikan dengan Poli KB, sehingga pelayanan yang ada dalam poli KIA nantinya akan ada dua jenis, yaitu pelayanan antenatal neonatus (antenatal neonatus care) dan pelayanan KB.

5. Poli spesialis bedah

Poli spesialis bedah adalah pelayanan kesehatan rawat jalan untuk pelayanan kesehatan dalam proses pembedahan umum. Pelayanan yang ditangani di Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun adalah Operasi kecil, perawatan luka biasa/luka, perawatan luka post operasi hernia, usus buntu, hemoroid (wasir), konsultasi seputar proses pembedahan, dan lain – lain.  

Leave a Reply