Langkah Tepat Memilih Alat Tes Gula Darah

Langkah Tepat Memilih Alat Tes Gula Darah

Kadar gula dalam darah Anda mudah sekali berubah-ubah. Ini dipengaruhi oleh gaya hidup Anda setiap harinya. Karena kadar gula darah ini sangat mudah berganti, maka Anda yang menderita diabetes perlu memantaunya secara berkala menggunakan alat tes gula darah.

Alat tes gula darah yang bagus antara lain GlucoDr dan FamilyDr

Ada alat pengukuran gula darah yang bisa digunakan dengan mudah di rumah. Alat ini disebut dengan glucometer. Menggunakan glucometer memungkinkan Anda untuk memantau kadar gula darah secara rutin tanpa perlu menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh terlebih dahulu di rumah sakit.

Cara memilih alat tes gula darah

Berbeda dengan pengukuran di rumah sakit, pengukuran dengan glucometer dilakukan secara mandiri. Ini memang bisa memudahkan Anda untuk melakukan pengukuran. Akan tetapi, bila dilakukan dengan keliru, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda memiliki glucometer yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebaiknya sebelum membeli alat tes gula darah, pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Perhatikan kemudahan penggunaan dan perawatan

Ada banyak sekali jenis-jenis glucometer yang dirancang dengan fitur berbeda-beda. Beberapa glucometer mungkin cukup mudah untuk digunakan dan disimpan, tapi ada juga yang pemakaiannya sedikit lebih rumit.

Coba perhatikan, apakah glucometer yang akan Anda beli menampilkan angka dengan jelas pada layarnya? Lalu, apakah strip yang tersedia mudah untuk diteteskan oleh darah Anda sebagai pengukuran?

Hal-hal seperti ini perlu Anda perhatikan agar Anda tidak salah membeli glucometer sendiri.

  • Cakupan asuransi

Beberapa program asuransi memberikan layanan yang mencakup penanggungan untuk membeli glucometer. Apabila alat glucometer terasa terlalu mahal, Anda bisa memanfaatkan asuransi yang Anda miliki.

Tapi, pastikan asuransi yang digunakan mencakup pembelian untu model glucometer yang ingin Anda beli. Karena, beberapa model mungkin tidak bisa ditanggung oleh program asuransi Anda. 

  • Harga alat

Tentunya, Anda tidak boleh mengabaikan harga dari alat yang akan Anda beli. Harga setiap glucometer berbeda-beda. Perbedaan harga ini juga dipengaruhi oleh fitur pada glucometer tersebut.

Pastikan Anda memilih glucometer dengan harga yang paling sesuai dengan kantong Anda. Perhatikan juga apakah harga dari suatu glucometer sebanding dengan kualitas dari produk glucometer itu.

  • Fitur alat

Anda juga perlu mempertimbangkan fitur yang ada pada alat tes gula darah Anda. Coba perhatikan, apakah fitur yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, beberapa glucometer dilengkapi dengan fitur khusus berupa tombol dan layar yang lebih besar. Tentunya ini akan memudahkan Anda untuk melihat hasil pengukuran serta menggunakan alat secara umum. 

Mengapa perlu menggunakan glukometer?

Bagi penderita diabetes, menggunakan glukometer adalah cara paling sederhana untuk memantau perkembangan kondisi kesehatannya. Anda perlu mengetahui berapa kadar gula darah Anda agar bisa melakukan antisipasi terhadap komplikasi.

Terkadang, dokter perlu mengetahui kadar gula darah Anda ketika akan melakukan tindakan medis tertentu. Karena, kadar gula darah ini akan menentukan apa saja jenis tindakan yang aman bagi Anda dan mana yang tidak.

Anda juga bisa melakukan upaya pencegahan dari kondisi medis yang lebih serius akibat diabetes tanpa harus menunggu hasil pemeriksaan dari dokter. 

Menggunakan glukometer di rumah adalah solusi tepat untuk mengetahui kadar gula darah Anda secara mandiri. Tapi, akan lebih baik kalau setiap sudah melakukan pengecekan dengan alat tes gula darah, Anda tetap mengkonsultasikan nya dengan dokter Anda.

Leave a Reply