Hindari Kesalahan Ini Saat Menggunakan Pore Pack

Hindari Kesalahan Ini Saat Menggunakan Pore Pack

Jerawat seringkali menjadi masalah yang paling sulit untuk dihindari oleh banyak orang. Terlebih lagi karena jerawat dapat muncul dengan berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Salah satu jenis jerawat yang paling menyebalkan mungkin adalah komedo.

Komedo yaitu jenis jerawat non-inflamasi, atau juga dikenal sebagai komedo terbuka memang sering mampir di wajah, terutama untuk para remaja. Cara menghilangkan komedo sebenarnya tidak sulit, yaitu bisa dilakukan dengan cara eksfoliasi wajah secara rutin.

Pore pack sering jadi salah satu cara menghilangkan komedo membandel di hidung yang paling mudah

Namun, salah satu produk yang juga sering digunakan untuk menghilangkan komedo ini nampaknya lebih menarik dibandingkan yang lain. Ya, produk tersebut adalah pore pack. Pore pack dipercaya mampu mengangkat komedo khususnya di daerah hidung sehingga membuat hidung menjadi lebih halus dan lembut.

Cara kerja pore pack untuk mengangkat komedo di wajah mirip dengan plester untuk luka, dimana dua produk ini sama-sama memiliki kecenderungan untuk menarik rambut ketika dicabut.

Dengan kata lain, pore pack akan mengangkat apapun yang ada di kulit bagian yang ditempelkan seperti minyak, kotoran, komedo, hingga rambut halus yang ada di area tersebut. Meskipun terdengar meyakinkan, namun ternyata komedo tidak bisa menghilangkan tumpukan komedo yang ada di daerah tersebut. Hal itu yang menyebabkan biasanya komedo akan muncul kembali dalam beberapa waktu.

Penggunaan pore pack juga dianjurkan untuk tidak dilakukan secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek yang kurang baik untuk kulit. Salah satu efek yang mungkin dirasakan adalah iritasi akibat perekat yang diklaim dapat menarik komedo dan sel kulit mati.

Kesalahan yang mungkin dilakukan saat menggunakan pore pack

Maka dari itu, Anda harus menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan tentunya sesuai dengan aturan yang tepat. Tanpa disadari, ketika menggunakan pore pack, Anda mungkin melakukan beberapa kesalahan yang membuat hasil dari pore pack tersebut menjadi kurang maksimal.

Inilah beberapa kesalahan yang mungkin tanpa sadar Anda lakukan saat menggunakan pore pack:

  1. Tidak membersihkan wajah dan tangan terlebih dahulu

Kesalahan pertama yang mungkin Anda lakukan adalah tidak membersihkan wajah dan tangan terlebih dahulu. Pore pack tidak digunakan untuk membersihkan wajah, melainkan hanya untuk bagian tertentu saja. Maka dari itu, mencuci wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan pore pack akan membantu membersihkan kotoran yang menempel di kulit wajah.

Membersihkan tangan juga penting karena tangan yang akan bersentuhan langsung dengan produk dan juga wajah. Jika tangan Anda kotor, bakteri yang ada di tangan mungkin akan menempel di pore pack yang hendak digunakan.

  1. Tidak melakukan proses steaming wajah

Tahukah kamu salah satu hal yang bisa memaksimalkan proses pore pack mengangkat komedo adalah steaming wajah? Cara ini penting agar pori-pori wajah kita “terbuka”, sehingga pore pack bisa mengangkat komedo yang ada di hidung dengan lebih maksimal.

  1. Tidak membasahi hidung

Membasahi hidung akan membuat pore pack dapat menempel di hidung dengan maksimal. Jika tidak melakukan hal ini, tentu pore pack yang digunakan tidak akan dapat menempel dengan baik sehingga proses pengangkatan komedonya pun tidak maksimal.

  1. Tidak sabaran!

Ya, salah satu kesalahan yang mungkin Anda lakukan adalah tidak sabar menunggu pore pack-nya agar bisa bekerja dengan maksimal. Anda harus sabar menunggu pore pack menempel di hidung Anda selama 40 menit sampai 1 jam.

  1. Menggunakannya di kulit yang sensitif

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan pore pack agar terhindar dari inflamasi. Perekat pore pack yang terlalu kuat mungkin akan membuat kulit sensitif menjadi meradang atau iritasi. Maka dari itu, coba mengatasi komedo dengan cara yang lebih aman, ya!

Perlu diingat juga bahwa ketika memakai pore pack, kulit di area hidung akan menjadi lebih sensitif terhadap debu, kotoran, bahkan makeup. Untuk itu, penggunaan pore pack dianjurkan di malam hari sebelum Anda.

Pore pack tidak bisa menghilangkan komedo secara permanen, sehingga Anda harus rajin membersihkannya jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Temukan aneka pilihan pore pack lengkap di website atau aplikasi SehatQ yang dapat Anda download melalui Google / Play Store dengan praktis. Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai masalah jerawat, komedo, ataupun masalah kulit wajah lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Leave a Reply