Cara Membuat Ice gel Sendiri untuk Cooler Bag

Cara Membuat Ice gel Sendiri untuk Cooler Bag

cooler bag

Selain cooler bag, ice gel juga menjadi salah satu perlengkapan yang harus dibawa ibu menyusui sebab ice gel inilah yang membuat cooler bag tetap dingin sehingga ASI yang sudah diperah bisa tahan hingga 20 jam dalam cooler bag

Meskipun memiliki fungsi yang sama dengan es batu yaitu untuk mendinginkan makanan dan minuman,  ice gel lebih tahan lama dibandingkan es batu. Selain itu, ice gel juga bisa digunakan berulang kali asalkan gel di dalamnya masih bisa beku dan kemasannya tidak bocor. 

Nah, tidak hanya cooler bag dan kantong ASI saja yang harus diperhatikan kualitasnya, tapi dalam membeli ice gel pun harus diperhatikan agar ASIP bisa tahan lama. Untuk memudahkan Anda dalam memilih ice gel dipasaran, SehatQ punya rekomendasinya, nih. Berikut rekomendasi ice gel untuk cooler bag Anda.

1. Gabag  Ice Gel

Brand yang satu ini tidak hanya menjual cooler bag saja, tapi juga ice gel-nya yang bisa tahan hingga 8 jam saat diluar freezer dan tahan 18 – 20 jam dalam suhu dingin. 

Tersedia dalam ukuran 200 ml dan 500 ml, ice gel ini terbuat dari bahan yang aman, tidak mengandung racun berbahaya, anti bocor, dan dapat digunakan berulang kali. Sebelum menggunakan ice gel ini, sebaiknya Anda diamkan di dalam freezer minimal 24 jam untuk hasil yang maksimal. 

Gabag ice gel ini dijual dengan harga Rp10.000 untuk ukuran 200ml dan Rp18.400 untuk ukuran 500ml.

2. Ice gel ASI BKA

Sama dengan Gabag, BKA juga tidak hanya menjual cooler bag, kantong ASI, dan botol kaca ASI saja, tapi juga menjual ice gel

Sudah mengantongi sertifikasi Food Grade dan telah direkomendasikan oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), ice gel ini bisa tahan hingga 10 jam untuk ukuran 420 gram dan 5 jam untuk ukuran 160 gram. 

Ice gel ASI dari BKA ini memiliki keunggulan pada kemasannya yang anti bakteri sehingga terjaga kehigienisannya. Ice gel ini juga bebas zat bisphenol-A sehingga aman digunakan. Dijual dengan harga Rp24.000, ice gel dari BKA ini bisa digunakan berulang kali. 

3. Ice gel Naimax

Ice gel dari Naimax ini dijual seharga Rp 20.000 dan kemasannya tidak mengandung BPA sehingga aman untuk digunakan. Ice gel ini menjaga ASIP Anda agar tetap dingin dalam cooler bag, jadi Anda tidak perlu khawatir ASIP Anda akan basi. 

Nah, selain dapat membeli ice gel langsung, Anda juga bisa membuat ice gel sendiri dari tepung tapioka untuk cooler bag Anda di rumah. Alat, bahan, serta cara membuatnya sangat mudah. Berikut caranya.

Bahan:

  • Tepung tapioka 1 kg
  • 5 – 6 liter air 
  • 250 ml cuka makanan
  • Plastik PE atau plastik bening

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung tapioka dengan air, lalu masak hingga mengental. Pastikan tidak ada tepung yang menggumpal.
  2. Setelah mengental, masukkan cuka makanan dan aduk hingga rata, lalu dinginkan.
  3. Jika sudah dingin, masukkan ke dalam kantong plastik. Jangan terlalu penuh.
  4. Pipihkan kantong yang sudah diisi hingga adonan merata di dalam plastik.
  5. Tutup rapat. Jika ingin lebih aman, Anda dapat menggunakan sealing machine agar adonan tidak bocor. 
  6. Simpan di dalam kulkas selama 12 jam atau hingga mengeras. 
  7. Ice gel buatan rumahan pun siap untuk digunakan sebagai pendingin ASIP di dalam cooler bag.

Bagaimana? Mudah bukan membuat ice gel sendiri untuk cooler bag Anda? Selamat mencoba!

Sumber:

https://www.gabag-indonesia.com/ice-gel-gabag
https://www.bka.co.id/ice-gel-bka/

http://www.icepacksuper.com/2019/01/cara-membuat-ice-pack-dari-tepung.html

https://review.bukalapak.com/mom/5-rekomendasi-ice-gel-agar-asi-perah-awet-di-cooler-bag-88552

Leave a Reply