Cara Berkumur dengan Listerine Cool Mint yang Benar

Cara Berkumur dengan Listerine Cool Mint yang Benar

Berkumur menggunakan obat kumur seperti Listerine Cool Mint memang sekilas terdengar mudah. Namun ternyata jika berkumur tidak dilakukan dengan benar, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang optimal.

Listerine Cool Mint memberikan beragam manfaat sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan gigi dan mulut, mulai mengatasi bau mulut, mengurangi plak, mencegah gigi berlubang, dan juga mengurangi gejala gingivitis (peradangan gigi).

Listerine Cool Mint 500 ml harga terbaik 37531

Apa itu Listerine Cool Mint?

Listerine Cool Mint merupakan salah satu jenis obat kumur yang mampu memberikan kesegaran pada napas bahkan hingga 12 jam. Kombinasi kandungan 4 minyak esensial terbaik di dalamnya terbukti mampu melawan hingga 99,9 persen kuman penyebab plak dan bau mulut.

Tidak hanya membunuh bakteri, namun Listerine Cool Mint juga dapat mengurangi gingivitis sebesar 21 persen lebih baik serta mengurangi 52 persen plak gigi daripada hanya menyikat gigi dan flushing saja.

Dengan berkumur, Anda juga dapat membersihkan bakteri dan kuman yang berada di sela-sela gigi dan garis gusi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, serta membersihkan gigi secara menyeluruh. 

Cara berkumur dengan Listerine Cool Mint

Berkumur ternyata tidak semudah itu, lho. Untuk mendapatkan hasil yang optimal serta memberikan perlindungan maksimal pada gigi dan mulut, Anda harus berkumur dengan cara yang tepat.

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan jenis dan kandungan dari obat kumur yang akan digunakan. Sebaiknya gunakan obat kumur dengan kandungan yang sesuai dengan keluhan yang Anda alami, sebab beberapa obat kumur memiliki kandungan bahan aktif yang keras sehingga membutuhkan resep untuk dapat membelinya.

Jika Anda menggunakan Listerine Cool Mint, sebaiknya ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk berkumur dengan tepat:

  • Sikat gigi dan flossing terlebih dahulu secara menyeluruh
  • Tuangkan obat kumur Listerine ke tutup sebanyak 20 ml
  • Masukkan seluruh cairan ke mulut, hati-hati jangan sampai tertelan
  • Lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik ke seluruh sisi mulut
  • Setelah berkumur, buang seluruh cairan dan tidak perlu membilas mulut
  • Gunakan secara rutin dua kali sehari

Selain langkah-langkah berkumur, ada juga hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan obat kumur Listerine yakni hindari penggunaan pada anak berusia di bawah 3 tahun, jangan tertelan, jangan tinggalkan sikat gigi teratur dan kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali, serta jangan abaikan apabila muncul efek samping atau reaksi alergi.

Kapan waktu berkumur yang tepat?

Menjadikan berkumur sebagai bagian rutinitas membersihkan gigi dan mulut sebaiknya selalu dilakukan setelah menyikat gigi dan flossing. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari, sehingga bisa Anda gunakan di pagi dan malam hari setelah menyikat gigi.

Lantas, amankah menggunakan obat kumur seperti Listerine Cool Mint dalam jangka waktu yang panjang? Sepanjang tidak menggantikan peran menyikat gigi dan flossing, menggunakan obat kumur dalam waktu panjang relatif aman.

Akan tetapi perlu diingat bahwa penggunaan obat kumur akan terus membunuh bakteri di dalam mulut dan bisa saja membunuh bakteri baik yang justru kita butuhkan. Alhasil, penggunaan obat kumur malah bisa berisiko membahayakan karena mengganggu mikrobioma dalam tubuh dan mengganggu fungsi normal tubuh.

Sehingga sebaiknya, Anda bisa menggunakan obat kumur seperti Listerine Cool Mint untuk mengatasi bau mulut yang bisa sewaktu-waktu timbul. Anda bisa menggunakan alternatif yang lebih aman seperti cairan saline atau larutan garam untuk berkumur sehari-hari, atau konsultasikan dengan dokter gigi Anda.

Leave a Reply