Balsem Cap Lang Memiliki 6 Manfaat dan Kegunaan

Balsem Cap Lang Memiliki 6 Manfaat dan Kegunaan

Balsem Cap Lang adalah produk over-the-counter yang mengklaim untuk sementara meredakan nyeri otot ringan, nyeri, dan ketegangan.  Ia melakukannya dengan membuat kulit mati rasa, sebagai analgesik.balan ke kulit yang terluka atau teriritasi (seperti kulit yang terpotong, tergores, terbakar sinar matahari,terinfeksi, atau memiliki ruam).  Biarkan tambalan di area yang terkena hingga 12 jam. Gunakan obat ini seperti yang diarahkan oleh dokter Anda atau ikuti semua petunjuk pada kemasan produk. Jika Anda memiliki pertanyaan, bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda.

Cap Lang Balsem 20 g harga terbaik 8235

Gunakan hanya 1 patch dalam satu waktu dan jangan gunakan lebih dari 2 patch dalam jangka waktu 24 jam. Jangan membalut atau membungkus area di mana tambalan diterapkan kecuali diarahkan untuk melakukannya oleh dokter.

 Panas dapat meningkatkan risiko efek samping. Jangan gunakan obat ini segera sebelum, selama, atau setelah aktivitas yang meningkatkan suhu kulit (seperti mandi air panas, berenang, berjemur, olahraga berat) atau dalam cuaca panas/lembab.  Tunggu sampai kulit Anda mendingin sebelum mengoleskan obat.  Jangan gunakan sunlamp/tanning bed, botol air panas, atau bantal pemanas di area yang dirawat. Balsem Cap Lang hadir dalam berbagai bentuk, antara lain:

  •  menggosok
  •  krim
  •  salep
  •  obat gosok
  •  tambalan kulit perekat
  • Persiapan reguler dan ekstra kekuatan balsem tersedia.  Formulasi, aroma, dan kemasannya mungkin berbeda, tergantung wilayah tempat seseorang membelinya.

Apa itu Balsem Cap Lang ?

Balsem Cap Lang mengandung beberapa bahan aktif dan tidak aktif. Bahan aktif dalam satu formulasi balsem kekuatan biasa meliputi:

  • 15 persen metil salisilat, yang dapat bertindak sebagai analgesik, membuat kulit mati rasa.
  •  5 persen mentol, yang dapat membantu membatasi pembuluh darah, mengurangi peradangan dan menyebabkan sensasi pendinginan terapeutik.
  •  3 persen kapur barus, yang dapat meningkatkan sirkulasi dan mendinginkan atau menghangatkan kulit.

Beberapa jenis Balsem Cap Lang mengandung bahan aktif atau minyak atsiri lainnya, seperti:

6 kegunaan dan Manfaat

Sebagian besar bukti manfaat balsem ini didasarkan pada apa yang peneliti ketahui tentang bahan aktifnya. Balsem ini dapat meredakan:

 1. Sakit dan tegang

Bahan-bahan dalam balsem, seperti kapur barus, meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit, menciptakan sensasi hangat yang dapat mengalihkan perhatian dari rasa sakit dan kaku.

Kamper dan mentol juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otot, berpotensi mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi peradangan.

Dalam sebuah penelitian kecil tahun 2014, sembilan orang dewasa yang mengoleskan petroleum jelly yang mengandung 5, 10, atau 20 persen kamper ke lengan bawah mereka mengalami peningkatan aliran darah ke kulit dan otot mereka.

Bahan lain dalam balsem, seperti metil salisilat, bertindak sebagai analgesik dan membuat kulit mati rasa, yang dapat mengurangi kekakuan dan nyeri.

2. Sakit kepala tegang

Mengoleskan balsem ke dahi lebih efektif untuk meredakan sakit kepala karena tegang daripada plasebo. Itu hampir sama efektifnya dengan mengambil acetaminophen (Tylenol).

Sementara tinjauan medis saat ini tentang pengobatan sakit kepala alternatif terus mengutip penelitian ini, penelitian yang lebih mutakhir diperlukan.

3. Pilek dan kemacetan

Balsem ini mengandung bahan-bahan yang dapat membantu meredakan sinus dan sesak dada.  Beberapa telah digunakan selama berabad-abad dalam minyak, salep, dan bentuk inhalan untuk mengurangi kemacetan dari pilek dan alergi.

Kamper bertindak sebagai ekspektoran ringan, dekongestan hidung, dan penekan batuk. Menthol dapat membantu menenangkan saluran hidung yang teriritasi, membantu meredakan hidung tersumbat.

Dalam sebuah studi tahun 2013, 14 orang yang menghirup larutan mentol 1 persen sebelum terpapar capsicum, pemicu batuk, membutuhkan waktu lebih lama untuk batuk daripada mereka yang tidak menggunakan larutan mentol.

Orang yang ingin menggunakan Balsem Cap Lang untuk mengatasi hidung tersumbat atau gejala pilek lainnya harus membeli formula yang tidak mengandung obat batuk, seperti minyak capsicum dan cengkeh.

4. Sakit punggung

Orang sering menggunakan balsem ini untuk meredakan nyeri punggung, terutama nyeri di punggung bawah.

Beberapa menggunakan ramuan tertentu dalam Balsem ini sebelum atau sesudah menerima pengobatan alternatif untuk sakit punggung, termasuk terapi Gua Sha.

Dalam sebuah studi 2012, 18 orang yang telah mengalami nyeri punggung nonspesifik selama lebih dari 5 hari berturut-turut memiliki krim yang dioleskan ke area tersebut sebelum menerima satu perawatan Gua Sha.  Krim tersebut mengandung kapur barus dan mentol.

Para peserta melaporkan pengurangan rasa sakit dan peningkatan kesehatan, tetapi menentukan apakah bahan aktif meningkatkan efektivitas terapi akan memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Ketegangan leher dan bahu

Balsem ini dapat membantu mengurangi nyeri leher dan bahu. Dalam sebuah penelitian yang lebih tua, 105 pria dan wanita dengan ketegangan otot ringan hingga sedang menggunakan tambalan yang mengandung 10 persen metil salisilat dan 3 persen formulasi mentol. Para peserta menggunakan tambalan di beberapa daerah, termasuk bahu dan leher bagian atas.

Dua belas jam setelah menerapkan patch mereka, para peserta mengalami rata-rata 40 persen pengurangan rasa sakit, dibandingkan dengan 103 subjek kontrol yang menggunakan patch plasebo.

Dalam sebuah penelitian tahun 2017, 29 orang dengan nyeri leher mengoleskan gel mentol topikal ke area tersebut sebelum menerima manipulasi chiropraktik serviks.  Mereka yang menggunakan gel melaporkan pengurangan rasa sakit yang lebih signifikan setelah perawatan daripada mereka yang tidak.

Kapan harus ke dokter?

Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter tentang sakit, nyeri, atau masalah kesehatan yang berlangsung selama lebih dari beberapa hari, memburuk, atau kembali.

Balsem Cap Lang tidak dimaksudkan untuk mengobati kondisi medis yang mendasarinya, juga tidak dimaksudkan untuk penggunaan jangka panjang. Bahan aktif bisa berbahaya jika seseorang menelannya, bahkan dalam dosis kecil. Kamper, misalnya, beracun bagi manusia.  Tanda-tanda keracunan kapur barus meliputi:

  • kejang
  • mual dan muntah parah
  • kelelahan
  • bicara cadel, tersandung, dan kurang koordinasi (ataksia)

Leave a Reply