Apa Saja Jenis Pemeriksaan di Prodia Banda Aceh?

Apa Saja Jenis Pemeriksaan di Prodia Banda Aceh?

Prodia Banda Aceh merupakan laboratorium klinik yang menyediakan berbagai layanan pemeriksaan kesehatan. Anda bisa melakukan pemeriksaan di laboratorium klinik ini untuk melakukan medical check up maupun untuk kebutuhan konsultasi dengan dokter.

Pemeriksaan kesehatan di Prodia terbuka bagi pasien dari segala jenis golongan usia. Beberapa jenis pemeriksaan mungkin baru bisa dilakukan hanya setelah Anda mendapat rujukan dari dokter.

Jenis pemeriksaan yang bisa didapat di Prodia Banda Aceh

Sebenarnya, Prodia menyediakan banyak sekali rangkaian pemeriksaan kesehatan. Agar Anda mendapatkan gambaran, berikut ini beberapa jenis pemeriksaan tersebut: 

  • Pap Smear

Pap smear adalah prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks pada wanita. Prosedur ini melibatkan pengumpulan sel-sel dari leher rahim.

Pemeriksaan pap smear perlu dilakukan guna mendeteksi kanker serviks secara dini. Semakin cepat kondisi ini dideteksi, maka akan semakin juga Anda mendapatkan perawatan. 

Perawatan dini akan mencegah Anda dari gejala yang semakin parah serta komplikasi lainnya yang lebih serius. 

  • Tes alergi

Anda juga bisa melakukan pemeriksaan berupa tes alergi di Prodia Banda Aceh. Tes ini akan menentukan apabila Anda memiliki alergi terhadap zat-zat tertentu.

Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa melakukan upaya pencegahan agar tidak terpapar oleh zat-zat pemicu alergi tersebut. Jenis rangkaian tes alergi yang dilakukan akan berbeda-beda, tergantung kebutuhan.

Biasanya, tes alergi akan melibatkan tes pada permukaan kulit serta tes darah. Pada setiap orang, reaksi alergi yang muncul bisa berbeda-beda.

  • Tes kehamilan

Jenis tes lainnya yang bisa dilakukan di Prodia Banda Aceh adalah tes kehamilan. Tes kehamilan bisa menunjukkan hasil yang efektif bila dilakukan satu hari setelah terjadi keterlambatan menstruasi.

Tes kehamilan di laboratorium akan bekerja dengan mendeteksi hormon human chorionic gonadotrophin (hCG). Ini adalah hormon yang diproduksi oleh rahim Anda 6 hari setelah pembuahan.

Melakukan tes kehamilan di laboratorium akan memberikan hasil yang lebih pasti mengenai status kehamilan Anda, dibandingkan dengan pemeriksaan menggunakan alat tes kehamiilan yang dijual secara bebas. 

  • Tes HIV

Di Prodia Banda Aceh, Anda juga bisa melakukan tes untuk mendeteksi HIV. Ini adalah satu-satunya jenis tes yang bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan virus penyebab HIV.

Tes HIV akan melibatkan beberapa rangkaian pemeriksaan, mulai dari tes darah, tes urin, dan tes-tes lainnya. Biasanya, satu saja rangkaian pemeriksaan tidak akan bisa memberikan hasil deteksi yang akurat. 

Melakukan tes HIV akan memberikan Anda dan dokter Anda gambaran mengenai kondisi tubuh Anda. Dengan begitu, Anda pun bisa menerima pengobatan yang lebih sesuai dengan kondisi tersebut. 

  • USG prostat

Tes yang satu ini adalah jenis tes yang dilakukan dengan menggunakan alat berupa ultrasonogram. Alat ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang suara dan menghasilkan gambar mengenai kelenjar prostat pria secara visual.

Jenis tes ini lebih umum diberikan pada pria, khususnya pria dewasa dan lansia. Karena, rata-rata pria akan mengalami pembesaran kelenjar prostat seiring bertambahnya usia.

Pembesaran kelenjar prostat ini tidak selalu berbahaya, tapi terkadang bisa juga berkembang menjadi kanker. Inilah mengapa USG prostat penting untuk dilakukan.

Masih ada banyak jenis pemeriksaan lainnya yang bisa Anda dapatkan di Prodia Banda Aceh. Anda bisa memilih pemeriksaan yang paling sesuai dengan kebutuhan kondisi kesehatan Anda. 

Leave a Reply